Pikada Halut Dua Paslon, Nasib Frans-Muchlis Ditentukan 4 Hari Kedepan

Pleno penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Halmahera Utara, Rabu (23/9/2020). (ISTIMEWA)

Tobelo, malutpost.id -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Utara resmi mengumumkan dua pasangan calon bupati dan wakil bupati Joel B. Wogono-Said Bajak (JOS) dan Frans Manery-Muchlis Tapi Tapi (FM-Mantap) untuk bertarung dalam Pilkada kali ini. 
 
Namun, pasangan Frans-Muchlis belum bisa bernapas lega. Nasib, calon petahana itu segera ditentukan dalam waktu 4 hari kedepan. Sebab, KPU memiliki waktu 7 hari sejak menerima rekomendasi Bawaslu Halut atas pelanggaran administrasi pemilihan pada 21 September 2020. 

"Kami sudah melakukan tindakan pencermatan dan penelitian. Kemudian, sudah meminta klarifikasi dari pihak pelapor dan terlapor pada tanggal 22 September (Selasa kemarin)," kata Kordiv Hukum KPU Halut Abdul Djalil kepada malutpost.id, Rabu (23/9/2020).
 
Dia menjelaskan, setelah menerima rekomendasi tersebut, pihaknya sudah menindaklanjuti sesuai ketentuan PKPU nomor 13 tahun 2015 dan PKPU nomor 25 tahun 2013.  
 
Abdul Djali bilang, KPU sementara telah menyusun dan mengkaji. Sehingga secepatnya akan menemui kesimpulan sampai pada putusan nanti.
 
"Jadi kami minta awak media bersabar, karena KPU sedang dalam menuju ke arah kesimpulan itu. Kami punya waktu tujuh hari sejak tanggal 21 September. Sekarang masih dalam langkah pencermatan," ujarnya.
 
Di singgung apakah pelanggaran petahan memenuhi unsur diskualifikasi, Djalil menolak berspekulasi, namun Dia menegaskan pihaknya tetap menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu.
 
"Kita tetap menindaklanjuti. Tapi, sampai saat ini kita masih memproses," katanya.(cr-04) 
 
 
 
-
Peliput : Ramlan Harun
Editor   : Ikram