Hari Ini Kasus Pengusiran Anggota Panwascam oleh Tim HT-UMAR Diputuskan

Ketua Bawaslu Malut, Muksin Amrin. (istimewa)

Ternate,malutpost.id -- Hasil pemeriksaan kasus pengusiran anggota Panwascam oleh tim pasangan calon bupati dan wakil bupati Kepualaun Sula nomor urut 1 Hendrata Thes-Umar Umabaihi diputuskan hari ini. 

Ketua Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Maluku Utara Muksin Amrin mengatakan, kasus tersebut terus diproses Bawaslu dan menjadi perhatian serius pihaknya. 
 
"Kasus ini menjadi isu nasional dan baru pertama kali terjadi di Maluku Utara, dimana penyelenggara diusir atau dihalangi sekelompok orang," kata Muksin kepada malutpost.id, Sabtu (10/10/2020). 
 
Dia menjelaskan, kasus tersebut merupakan temuan langsung Bawaslu dilapangan dan telah dilakukan pemeriksaan tahap I oleh penegakan hukum terpadu (Gakumdu). Hasilnya, kata Muksin, memenuhi unsur pelanggaran Pemilu pasal 198A UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. 
 
"Dan hari ini kita lakukan klarifikasi sekitar 5 orang baik saksi maupun terlapor yang diduga menghalangi proses pengawasan, hari ini sudah ada putusan apakah ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian atau tidak,"ujar Muksin Amrin.
 
Muksin bilang, soal benar salah kasus tersebut menjadi kewenangan pengadilan. Hanya saja, kata Muksin, kasus itu menyita perhatian nasional, Ia sendiri dihubungi langsung Kemendagri, Bawaslu RI dan Dispilkada Nasional. 
 
Dia berharap, dimasa kampanye yang masih berlangsung, peristiwa yang memalukan tidak lagi terjadi.
 
"Karena Panwas itu sifatnya melekat. Jadi seluruh kegiatan kampanye harus dipantau, walaupun tidak melakukan kampanye sekalipun tetap harus dipantau. Misalnya, kunjungan atau kunjungan keluarga, takutnya didalam bisa melibatkan aparatur, politik uang dan sebagainya,"pungkas Muksin. (mg-02)
 
 
 
-
Peliput : Irwan Muhammad
Editor   : Ikram