Sultan Baabullah Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional bersama 5 Tokoh Bangsa

Skesta wajah Sultan Baabullah. (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Harapan masyarakat Maluku Utara mewujudkan Sultan Baabullah sebagai pahlawan nasional sebentar lagi terwujud. Sultan Ternate ke-7 dan penguasa ke-24 Kesultanan Ternate akan dianugerahi gelar pahlawan nasional oleh Presiden Joko Widodo bersama 5 tokoh lainnya. Penghargaan gelar pejuang bangsa itu dilakukan di Istana Negara pada 10 November 2020 bertepatan dengan Hari Pahlawan.

“Ada enam calon penerima gelar pahlawan nasional 2020, Insya Allah tidak ada perubahan,” kata Menteri Sosial Jualiari P. Batubara dalama konferensi di Youtube Kemensos, Jumat (6/11/2020).

Mensos mengatakan, keenam calon penerima gelar pahlawan nasional tersebut, yakni Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara, Mahcmud Singgirei Rumagesan dari Provinsi Papua Barat, Jendral Pol (Purn) Raden Said Sekanto Tjokrodiatmodjo, merupakan Kapolri pertama domisili di DKI Jakarta, Arnold Mononutu dari Provinsi Sulawesi Utara, merupakan tokoh pergerakan dan pernah menjai Menteri Penerangan RI era Presiden Soekarno, Mr. Sutan Mohammad Amin Nasution dari Sumatera Utara dan terakhir Raden Mattaher Bin Pangeran Kusin Bin Adi dari Provinsi Jambi.

“Keenam beliau (tokoh) ini sudah melalui proses baik dari Kemensos maupun dewan gelar agar mendapatkan gelar pahlawan nasional,” jelas Juliari.

Sultan Baabullah berjuluk penguasa 72 negeri itu menjadi penerima gelar pahlawan kedua dari Maluku Utara, sebelumnya Sultan Nuku dari Kesultanan Tidore dianugerahi gelar pahlawan pada 7 Agustus 1995. (ikh)

 

-

Peliput : Tim

Editor   : Ikram