Bongkar Narkoba Jaringan Lapas, Polres Ternate Tangkap Oknum Petugas Lapas

Konferensi pers yang dihadiri langsung Kapolres Ternate, AKBP Aditya Laksimada di Mapolres Ternate, Selasa (24/11/2020). (Foto: Hasbi/malutpost,id)

Ternate, malutpost.id -- Squad Elang Satuan Reserse Narkoba Polres Ternate berhasil membongkar jaringan narkoba yang menyeret oknum pegawai Lapas di Ternate. Salah satu pegawai Lapas perempuan kelas IIIB Ternate inisial IS (21 tahun) berhasil dibekuk polisi pada, Senin (23/11/2020).

Ia ditangkap di tempat jasa pengiriman JNE di kelurahan Stadion Ternate, bersama barang bukti narkotika jenis ganja seberat 211 gram yang dikemas di dalam 9 plastik bening berukuran besar.

Kapolres Ternate, AKBP Aditya Laksimada dalam konferensi pers mengungkapkan, tersangka mengaku diminta oleh temannya bernama Bayu yang saat ini sedang menjalani hukuman penjara di Lapas klas IIA Ternate untuk mengambil paket kiriman yang dikirim dari Jakarta. Ibnu mengaku paket itu diamankan terlebih dahulu di rumahnya sambil menunggu orang kepercayaan Bayu mengambilnya.

"Sekarang, kami matangkan dulu keterangan dari Ibnu dulu, setelah itu baru kami koordinasi dengan pihak Lapas," ungkap Kapolres dalam konferensi pers sore tadi.

Atas perbuatan itu, Ibnu ditetapkan sebagai tersangka dengan Pasal 111 ayat 1 dan atau 114 ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. "Maksimal hukuman 20 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar," kata Kapolres.

Tak hanya itu, oknum pegawai Lapas Perempuan dan Anak itu juga diketahui menggunakan narkoba terakhir pada Oktober 2020 kemarin. Terkait Bayu, kata Kapolres, pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak Lapas terkait pemeriksaan lanjutan. "Dari keterangannya, terakhir menggunakan narkoba pada Oktober 2020," tandas Kapolres. (aby)


-

Peliput : Hasbi Konoras

Editor   : Ikram