Pilkada Kepsul: FAM-SAH Unggul, HT-Umar Umumkan Kemenangan

Grafik perolehan sementara melalui situs Sirekap KPU, Kamis (10/12/2020). (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Hasil hitung cepat atau quick count Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pilbup Kabupaten Kepulauan Sula 2020 menempatkan pasangan nomor urut 03 Fifian Adeningsi Mus dan M Saleh Marasabessy unggul sementara.

Berdasarkan hasil penghitungan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) hari ini, pukul 19.55 WIT, pasangan FAM-Sah unggul dengan 10.642 suara atau 39,3 persen, disusul pasangan nomor urut 01, Hendrata Thes-H Umar Umabaihi dengan 8.933 suara atau 33,0 persen dan pasangan Zulfahri Abdullah-Ismail Umasugi dengan 7.509 suara atau 27,7 persen.

Saat ini, suara masuk mencapai 52 persen atau 104 TPS dari 200 TPS yang ada di Kepsul. Meski begitu, pasangan HT-Umar mengklaim menang dalam pilkada kali ini. Padahal, selisih suara dengan FAM-Sah 1.709 suara.

Koordinator tim relawan HT-Umar, Faruk Bahnan mengatakan, berdasarkan hasil yang diperoleh tim data media center HT-Umar memastikan petahana memperoleh suara terbanyak pada Pilkada 9 Desember 2020.

"Bahwa HT-Umar telah menjadi pemenang pada Pilkada Kepulauan Sula, oleh karena kami meminta kepada relawan dan simpatisan di seluruh desa untuk bisa bersabar menunggu hasil resmi dari KPUD Kepulauan Sula," kata Faruk saat menggelar konferensi pers kemenangan, Kamis (10/12/2020).

Untuk itu, lanjut Faruk, dirinya mengajak kepada simpatisan dan saksi untuk mengawal hasil perolehan suara sampai ditetapkan oleh KPU Kepsul. Soal angka kemenangan, kata Faruk, tim dan relawan juga telah menyiapkan bukti form C hasil KWK. "Dan bukti ini kita sertakan atau perjuangkan pada saat pleno kecamatan dan pleno kabupaten," pungkasnya. (ikh)


-

Peliput : Tim

Editor   : Ikram