Perolehan Sementara Pilkada Halut, Penantang Baru Ungguli Petahana

Ilustrasi Sirekap. (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Perolehan suara sementara Pilkada 2020, di Kabupaten Halmahera Utara bersaing ketat. Pasangan petahana Frans Manery dan Muchlis Tapi Tapi tertinggal oleh penantangnya Joel B. Wogono dan Said Bajak versi Sirekap yang ditayangkan di situs Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat (11/12/2020).

Pasangan petahana memperoleh 22.596 suara atau 49.8 persen suara. Di posisi pertama ditempati pasangan nomor urut 02, Joel B. Wogono dan Said Bajak dengan 22.822 suara atau 50.2 persen suara. Hingga pukul 12.53 WIT hari ini, data perolehan suara yang sudah terinput di situs Sirekap baru 181 TPS dari total 421 TPS atau 42.99 persen suara. Sementara itu, pendukung kedua paslon saling klaim kemenangan dan melakukan pawai kemenangan, Kamis kemarin.

Sementara kecamatan yang suaranya belum masuk sama sekali yakni Kecamatan Loloda Kepulauan dari 18 kecamatan di Halmahera Utara. Ketua KPU Maluku Utara Pudja Sutamat mengatakan, perolahan hasil suara sementara melalui Sirekap hanya sebatas alat bantu publikasi Pilkada. "Data itu bukan patokan saat pleno surat suara," kata Pudja. (ikh)


-

Peliput : Tim

Editor   : Ikram