Warga Satu Dusun di Halut ini Belum Nyoblos

Ilustrasi penghitungan suara. (Foto: Ikh/malut)

Tobelo, malutpost.id -- Warga Dusun Maraeling, Desa Tetewang, Kecamatan Kao Teluk, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara ternyata hingga saat ini belum melakukan pencoblosan.

Pasalnya, 142 warga yang terdaftar di TPS 03 itu memilih golput. Bawaslu Kabupaten Halut akhirnya merekomendasikan KPU untuk melakukan coblos susulan dalam Pilkada serentak 2020.

Ketua KPU Halut Muhammad Rizal mengatakan, pihaknya masih menunggu tanggapan dari KPU RI. Sebab, rekomendasi Bawaslu, telah dilanjutkan ke penyelenggara tingkat atas.

"Sudah disampaikan ke KPU RI, tapi sampai sekarang belum ada tanggapan," katanya.

Padahal, kata Rizal, KPU merencanakan jadwal coblos susulan dilakukan pada 10 Desember 2020. Sayangnya, hingga saat ini ada jawaban pasti dari KPU RI.

"Kita akan jalankan sesuai dengan perintah KPU RI. Kalau perintah dilakukan pencoblosan atau tidak, maka kita akan lakukan," ujarnya.

Soalnya masih adanya penolakan warga untuk mencoblos, Rizal berujar, pihaknya tetap mengacu pada regulasi. Dia menegaskan, pendapat siapun tidak menjadi alasan bagi penyelenggara untuk mengabaikan aturan.

"Siapa saja bisa berpendapat, tapi kita tetap sesuai dengan regulasi. Bukan pada pendapat orang maupun pihak manapun," pungkasnya.

Sekedar diketahui, pasca rekomendasi Bawaslu soal coblos susulan, maka KPU punya waktu 10 hari untuk menindaklanjuti agar tidak berpengaruh terhadap tahapan Pilkada. (cr-04)


-

Peliput : Ramlan Harun

Editor   : Ikram