YAMIN-ADA Legowo, Saksinya Ngotot ke MK

Saksi YAMIN-ADA, Jasman Nasir (dua dari kiri) bersama saksi 2 paslon lainnya menggelar konferensi pers, Rabu (16/12/2020). (Foto: Hizbullah/malutpo)

Ternate, malutpost.id -- Ada yang menarik pasca pleno rekapitulasi penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate, Rabu (16/12/2020).

Pasalnya, saksi pasangan calon nomor urut 4 Yamin Tawary – Abdullah Kadir, Jasman Nasir menolak mendatangi berita acara penetapan rekapitulasi bersama saksi paslon Muhammad Hasan Bay – Asghar Saleh, dan Merlisa Marsaoly – Juhdi Taslim.

Bukan hanya itu, Jasman juga menegaskan akan membawa masalah selama pencoblosan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sikap Jasman ini berbeda dengan sikap jagoannya yang legowo menerima hasil perolehan suara dan telah mengucapkan selamat kepada pasangan nomor 2, Tauhid Soleman – Jasri Usman sebagai pemenang Pilkada.

"Saya tidak ada urusan dengan pasangan calon wali kota (Yamin-Ada), silahkan saja calon wali kota dan wakil wali kota mengucapkan selamat, tapi saya sebagai tim pemenang tetap menjalankan keputusan ini (ke MK)," tegasnya.

Menurut Jasman, sikapnya itu sebagai pembelajaran, bahwa ucapan selamat dari paslon bukan berarti masalah pilkada telah selesai. Dia berdalih, ucapan selamat dari Yamin-Ada kepada TULUS saat pleno berlangsung di tingkat Panitia Pengumutan Kecamatan (PPK) bukan tingkat KPUD. "Dan paslon nomor 4 ucapkan selamat pada saat pleno PPK bukan pada saat keputusan KPU," ujarnya.

Dia mengaku, pihaknya telah menyiapkan tim hukum beserta bukti-bukti kecurangan selama tahapan pencoblosan berlangsung. ”Buktinya nanti kita tahu semua, dan tim hukum juga sudah siap,” jelasnya.

Jasman menjelaskan, banyak hal dan pelanggaran yang tidak diselesaikan baik ditingkat PPK sampai KPU. Baginya, KPU tidak memberikan ruang bagi saksi untuk menyampaikan pendapat soal pelanggaran yang terjadi. "Kita ke MK untuk mencari pembenaran karena disini tidak ada pembenaran, karena langkah ke MK adalah tahapan selanjutnya setelah penetapan," tandasnya. (ikh) 


-

Peliput : Tim

Editor : Ikram