Penumpang Speed Boat Ternate-Tidore Terjatuh di Laut

Korban diselamatkan penumpang motor kayu menggunakan pelampung. (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Seorang perempuan lanjut usia (lansia) ditemukan terapung di perairan antara Ternate dan Tidore, Sabtu (19/12/2020).

Perempuan 70 tahun itu diketahui bernama Johariya, warga Kelurahan Tomalou, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara.

Informasinya, korban merupakan penumpang speed boat yang hendak bertolak dari Ternate menuju Tidore. Diduga karena pengaruh usia sehingga korban terjatuh dan terseret arus. 

Kepala Basarnas Ternate Muhammad Arafah mengemukakan, pihaknya menerima informasi kejadian sekira pukul 09.00 WIT pagi tadi dari warga bernama Asrul Hidayat.

Beruntung, korban selamat dan langsung dievakuasi oleh warga yang menumpangi kapal kayu rute Ternate-Tidore. Sempat terkendala arus air laut, namun warga berhasil meraih korban menggunakan pelampung. 

"Korban langsung dibawa ke pelabuhan Bastiong. Selanjutnya diserahkan ke KPLP dan Basarnas untuk dievakuasi ke rumah sakit Prima demi penanganan medis lebih lanjut," kata Arafah.

Ia juga mengaku belum mengetahui penyebab terjatuhnya korban ke laut secara pasti. "Karena saat petugas konfirmasi ke korban, korban masih dalam kondisi lemas dan syok. Jadi yang keluar dari mulut korban hanya ia terjatuh. mungkin karena korban kehilangan keseimbangan sehingga terjatuh ke laut," ungkap Arafah.

Sekedar diketahui unsur yang yang terlibat dalam evakuasi korban adalah Basarnas Ternate, KPLP Ternate, KP3 Pelabuhan Bastiong dan masyarakat. (aby)



-

Peliput : Hasbi Konoras

Editor   : Ikram