Diduga Mabuk, Sejumlah Pemuda di Halbar Buat Rusuh

Ilustrasi aksi rusuh. (istimewa)

Jailolo, malutpost.id -- Diduga dipengaruhi minuman keras, sejumlah pemuda di Desa Baja Kecamatan Loloda, buat onar saat pelaksanaan Natal di desa tersebut.

Informasi yang dihimpun malutpost.id, Rabu (23/12/2020) menyebutkan, acara perayaan Natal oleh warga setempat awalnya berlangsung aman, namun sekira pukul 22.00 WIT ada sekolompok pemuda yang diduga sudah dipengaruhi oleh miras membuat keributan hingga terjadi perkelahian. 

Keributan itu membuat warga panik dan trauma dan memilih mencari tempat aman. Tak lama setelah kejadian itu, situasi kembali kondusif, sementara warga masih tetap berjaga-jaga.

"Kronologis kejadian yang sebenarnya kita belum cover, tapi sesuai keterangan dari Kades Baja, kondisi sudah mulai kondusif,"ungkap Camat Loloda, Aman Syamsuddin, ketika dihubungi via telepon, tadi malam.

Aman menjelaskan, setelah mendapat  informasi, dirinya langsung menghubungi Kades Baja, namun saat peristiwa kades tengah berada di Kecamatan Ibu dan hendak menuju Loloda. Namun, upaya komunikasi melalui telepon kepada warganya terus dilakukan.

"Saya sudah fasilitasi pihak Polsek dan saat ini anggota Polsek Loloda sudah menuju TKP," katanya. Camat sendiri belum bisa memastikan kejadian yang sebenarnya, karena masih menunggu informasi pasti dari Kades Baja dan pihak polisi.

"Pastinya kondisi di desa baja masih aman, bahkan anggota Koramil Loloda juga sudah menuju TKP," jelasnya.

Terpisah Ketua DPRD Halbar, Charles Richard ketika dihubungi menyampaikan, dirinya belum menerima informasi yang pasti soal kejadian di Desa Baja. Pihaknya, kata Charles masihmembangun komunikasi dengan keamanan untuk menjaga stabilitas keamanan daerah.

"Kita masih terus menggali informasi kejadian, semoga situasi kamtibmas disana sudah kondusif," harapnya.

Politisi PDI-P Halbar ini menghimbau, semua pihak dapat menahan diri dan tidak terprofokasi dengan isu yang beredar saat ini, akibat ulah sekelompok orang dapat memecah hubungan kekeluargaan masyarakat yang ada di Halbar.

"Pastinya kita serahkan semua masalah kepada pihak yang berwajib, namun kita juga harus beristiar dan tak bole terprofokasi dengan isu isu adu domba. Kita semua bersaudara, jadi jangan hanya ulah sekelompok orang merusak hubungan kekeluargaan yang telah terjalin dengan baik. Saya berharap masyarakat di Desa Baja juga tetap menahan diri dan tetap waspada untuk menjaga kamtibmas," pungkasnya.

Amatan wartawan, sekira pukul 01.00, dini hari anggota Polres Halbar juga sudah diterjunkan ke Loloda untuk melakukan pengamanan di Desa Baja. (din)


-

Peliput : Samsudin Chalil

Editor   : Ikram