Gereja Ayam Ternate Terapkan Prokes Ketat di Perayaan Natal

Kursi para jemaat perayaan Natal dibuat berjarak sesuai protokol kesehatan Covid-19. (Foto: Hasbi/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id -- Perayaan Natal di Gereja Protestan Maluku (GPM) Imanuel Ternate besok bakal berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat. Jemaat yang hadir untuk melaksanakan ibadah akan diatur menggunakan prokes dengan berjaga jarak.

Bahkan, pihak Gereja Ayam Ternate itu telah membentuk tim satuan tugas (Satgas) penanganan Covid-19 internal yang mengawasi para jemaat agar tetap menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Pendeta GPM Imanuel Ternate, Donny Toisutta mengatakan, sebelum ibadah dimulai, pihaknya melakukan penyemprotan disinfektan di gereja. Seluruh jamaah yang datang akan diperiksa suhu tubuh serta memastikan menggunakan masker.

"Para jamaah itu akan diarahkan untuk mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan di depan gereja," kata Donny.

Bahkan, lanjutnya, sebelum memasuki gereja, jamaah akan diminta untuk membersihkan tangan memakai hand zanitiser. Pendeta menegaskan, jumlah jamaah dalam ibadah nanti akan dibatasi. Jamaah yang masih usia anak-anak dan lanjut usia (lansia) diminta untuk tidak datang di gereja.

Mereka diminta untuk melakukan ibadah melalui live streaming. "Kalau jamaah yang tidak pakai masker itu, kami sediakan masker," kata Donny saat ditemui di kediamannya di gereja ayam, Kamis (24/12/2020).

Ia mengungkapkan, jumlah jamaah yang akan mengikuti ibadah di gereja sekitar 400 orang. Jumlah itu disesuaikan dengan jumlah kursi yang disediakan di dalam gereja. Biasanya, lanjut Donny, jumlah jamaah yang mengikuti ibadah itu sekitar 600 orang.

"Kali ini, ibadah hanya dilakukan pada pagi hari dan malam. Biasanya pagi, sore dan malam," jelasnya.

Di katakan Donny, malam nanti akan dilakukan ibadah persiapan Natal dan Jumat 25 Desember dilakukan ibadah Natal dimulai pukul 09.00 WIT pagi.

Tanggal 26 dilakukan ibadah Natal kedua dan Baptisan Kudus dengan waktu yang sama. Sementata pada 27 malam ibadah mengakhiri tahun dilakukan pagi dan malam. Tanggal 31 malam dilakukan ibadah malam tahun baru. Di lanjutkan pada 3 Januari 2021 dilakukan ibadah perjamuan kudus.

"Untuk keamanan itu sejak kemarin sudah dilakukan penjagaan oleh TNI Polri," ungkapnya.

Pendeta mengaku, pihaknya telah menerima surat dari saudara-saudara muslim yang bersedia akan ikut menjaga jalannya ibadah di gereja besok. "Ada teman-teman muslim yang akan ikut berjaga mengamankan perayaan Natal di gereja besok," pungkasnya. (aby)


-

Peliput : Hasbi Konoras

Editor   : Ikram