Ini Penyebab Bus Rombongan Guru Terbalik di Halbar

Bus yang ditumpangi rombongan guru MTS di Tikep terbalik saat wisata di Halbar, Sabtu (26/12/2020). (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Dua orang penumpang meninggal dunia saat mobil bus milik Pemprov Malut mengalami kecelakaan tunggal pukul 14.00 WIT, Sabtu (26/12).

Bus milik Dinas Perhubungan Pemprov Malut yang terguling di jalan lintas Halmahera desa Damato, Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halbar itu juga mengakibatkan 3 orang penumpang mengalami luka berat dan 15 orang mengalami luka ringan. Sebelumnya tertulis 6 orang luka berat dan 10 lainnya luka ringan. 

Kapolres Halbar, AKBP Tri Okta Hendri Yanto melalui Kasat Lantas, AKP Ridwan Usman mengatakan, mobil bus dengan plat nomor B 2600 XDL yang dikemudi Abdul Latif Yusman itu membawa rombongan guru MTS Desa Durian sebanyak 20 orang terdiri dari 3 orang balita, 5 orang anak-anak dan 12 orang dewasa itu melintas tujuan Jailolo Desa Tauro untuk piknik atau wisata.

Setelah piknik bus beserta rombongan balik ke Sofifi.

"Setibanya di atas jalan umum Desa Domato tepatnya jalan turunan tajam menikung ke kiri mobil mengalami rem blong, menabrak beton pembatas jalan dan terbalik," kata Kasat.

Ia menambahkan, saat terjadi kecelakaan, jalanan tersebut dalam kondisi basah karena hujan. Atas kejadian itu, para korban telah dilarikan ke puskesmas untuk mendapat perawatan medis.

Dua orang penumpang yang diketahui meninggal dunia itu adalah Defan Al Fata (4 tahun) meninggal di lokasi kecelakaan dan Anti Ismail (26 tahun) meninggal saat dirawat di puskesmas.

Sedangkan tiga orang penumpang luka berat adalah Hanisa Yunus (49), Jabir Masuku (50), Azwiah M Tero (42). Sedangkan 15 penumpang lainnya mengalami luka ringan.

"Untuk sementa mobil akan dievakuasi ke Polsek Jailolo selatan," tandasnya. (aby)


-

Peliput : Hasbi Konoras

Editor   : Ikram