Dua Anggota Polres Ternate Dipecat Puluhan Dipenjara, Ini Penyebabnya

AKBP Aditya Laksimada. (Foto: Humas Polres/malutpost.id)

Ternate, malutpost. id -- Dua anggota Polres Ternate dipecat dari kesatuannya pada 2020. Dua anggota tersebut yakni Brigpol M Holid dan Briptu Rahman Hartanto. Sikap tegas tersebut, lantaran dua Brigadir tersebut terbukti melanggar meninggalkan tugas lebih dari 30 hari berturut-turut atau desersi.

Itu diputuskan dalam sidang internal kepolisian, dimana keduanya mendapat sanksi Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH). "Ada dua anggota di PTDH, dengan kasus desersi," kata Kapolres Ternate, AKBP Aditya Laksimada dalam rilis akhir tahun di Mapolres, Kamis (32/12/2020).

Aditya menjelaskan, awalnya kedua anggota itu diberikan demosi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 huruf c yakni pemindahan anggota dari satu jabatan ke jabatan lain yang tingkatannya lebih rendah. "Yang pertama kami putuskan demosi, setelah diputuskan, anggota tidak bertobat sehingga di PTDH," ungkap Kapolres.

Akan tetapi, lanjut Aditya, pihaknya masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari Kapolda Malut untuk memperkuat putusan PTDH tersebut. Selain dua anggota itu, lanjutnya, terdapat 16 personel yang melakukan pelanggaran disiplin.

Sanksi terhadap 16 orang itu mulai dari penahanan 4 hari dan 14 hari, penundaan pangkat dan penundaan pendidikan bahkan ada juga sanksi mutasi yang bersifat demosi. "16 orang ini semuanya sudah diproses," ujar Kapolres.

Sementara, 4 anggota lainnya melakukan pelanggaran kode etik profesi Polri. "Ada 1 anggota kasus pidana narkoba yang sementara ditangani oleh BNNP Malut," pungkas Kapolres. (aby)


-

Peliput : Hasbi Konoras

Editor   : Ikram