Larangan Berkerumun Tak Mempan di Malam Pergantian Tahun 2021

Malam pergantian tahun di Kota Ternate tetap dipadati warga meski sudah ada upaya pembubaran oleh petugas Satgas Covid-19. (Foto: Hasbi/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id -- Warga Kota Ternate memadati taman kota yang ada di malam pergantian tahun 2021, Kamis (31/12/2020). 

Salah satu lokasi yang paling padat pengunjung adalah Landmark. Warga berjibun di lokasi tersebut  untuk menyaksikan pesta kembang api  tepat pada pukul 00.00 WIT.

Padahal, petugas telah mensiasati dengan menutup areal masuk kendaraan menuju taman yang berada tepat di depan kantor wali kota Ternate itu. 

Pantauan malutpost.id, sebelum memasuki menit-menit terakhir malam penghujung tahun, tim satuan tugas (satgas) Covid-19 yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP dan petugas kesehatan telah meminta warga yang memadati di sepanjang jalan di kawasan Landmark dan taman Nukila untuk membubarkan diri.

Sehingga lokasi di dua taman tersebut menjadi sepi. Namun menjelang menit-menit terakhir penghujung pergantian tahun, warga berangsur-angsur kembali memadati jalanan di taman Nukila dan Landmark.

Tepat di pukul 00.00 WIT, sejumlah warga yang berada di lokasi taman Landmark mulai membakar kembang api dan petasan sebagai tanda pergantian tahun. Sedangkan di taman Toboko-Mangga Dua sudah dipadati warga sejak sore hari. 


Pesta kembang api itu menyita perhatian warga baik yang berusia anak-anak maupun orang dewasa.

"Kami datang ke sini hanya ingin menyaksikan pesta kembang api dan petasan menyambut malam pergantian tahun," kata Nurul (20 tahun), salah satu warga saat ditemui wartawan di Landmark.

Ia mengaku sejam sebelumnya, dirinya bersama rekannya lain sudah dibubarkan oleh petugas dengan alasan Covid-19. Hanya saja, rasa penasarannya membuat mereka kembali ke lokasi semula bersama warga yang berbondong-bondong kembali ke kawasan Landmark. Kondisi ini membuat petugas kewalahan. 

"Tadi kami sudah bubar. Tapi banyak warga yang kembali ke sini (Landmark,red) jadi kami ikut ke sini hanya untuk melihat pesta kembang api," tandasnya. (aby)


-

Peliput : Hasbi Konoras

Editor   : Ikram