Oknum Komisioner KPU Kepsul Usir Wartawan

Kantor KPU Kepsul.

Sanana, malutpost.id - Salah satu komisioner KPU Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Ifan Sulabesi Buamona mengusir wartawan saat melakukan peliputan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Kepsul di kantor KPU, Sabtu (5/9/2020). 
 
Kejadian itu bermula saat pasangan Zulfahri A. Duwila-Ismail Umasugi (Zadi-Imam) hendak mendaftar. Beberapa wartawan yang berada di lokasi ikut masuk ke dalam ruangan untuk mengambil dokumentasi. 
 
Tiba-tiba empat wartawan tersebut langsung diminta keluar oleh anggota KPU, Ifan Sulabesi Buamona. Padahal mereka juga menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker sebagaimana arahan pembaca acara pendaftaran kandidat pertama tersebut. 
 
"Media jangan dulu masuk keluar dulu," kata Ifan kepada awak media. 
 
Sikap komisioner KPU tersebut sangat disesali oleh awak media yang meliput dan mengawal jalannya pesta demokrasi di Kepsul.
 
“Kami sangat sesal dengan sikap anggota KPU Kepsul, ini pesta demokrasi harusnya wartawan diberi ruang untuk mengawal dan meliput,” kata Junaidi, salah satu wartawan kepada malutpoat.id, Sabtu (5/9/2020). 
 
Menurut Junaidi, sebagai anggota KPU, Ifan Buamona tidak harus bersikap seperti itu. Dia bilang, masih ada cara yang lebih sopan dan elegan. “Cara dia menyampaikan itu terlalu kasar. Kan bisa disampaikan dengan cara yang lebih baik,” kesalnya. (ikh)
 
 
 
 
-
Peliput : Tim
Editor   : Ikram