Ijazah 3 Balon Wakil Kepsul Verifikasi di Makassar

Komisioner KPU bersama Anggota Bawaslu Kepsul saat melakukan verifikasi ijazah salah satu paslon, Jumat (11/9/2020). (Foto: Ikh/malutpost.id)

Sanana, malutpost.id - Ijazah strata satu bakal calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Kepulauan Sula mulai diverifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memastikan keabsahan ijazah mereka. 
 
Verifimasi ijazah terakhir itu dilakukan di beberapa wilayah sesuai studi pendidikan terakhir mereka. 
Di Makassar, dua calon wakil yakni M Saleh Marasabessy, balon wakil Fififan Adeningsih Mus dan Umar Umabaihi, pendamping Hendrata Thes.
 
Anggota KPU Kepsul, Ifan S Buamona dikonfirmasi mengatakan, verifikasi juga dilakukan di Pengadilan Negeri Makassar dan Universitas Hasanuddin Makassar (Unhas) dan Universitas Veteran Republik Indonesia (UVRI) di Makassar.
 
"Kalau PN Makassar itu semua balon kada. Di Unhas itu M Saleh Marasabessy dan di UVRI itu Umar Umabaihi," kata Ifan, Jumat (11/9/2020).
 
Menurut Ifan, hasil verifikasi ijazah balon dinyatakan sesuai dan lengkap, hanya saja hasil akam diputuskan melalui pleno oleh KPU. "Hasil cocok, sesuai dan lengkap," ucapanya.
 
Untuk ijazah balon bupati Fififan diverifikasi di Universitas Ibnu Khaldun, Bogor sementara Hendrata The di Sekolah Tinggi Ilmu Kristen Taruna Bakti, Sleman. Sementara Zulfahri verifikasi di Universitas Sam Ratulangi, Manado dan sedangkan wakilnya, Ismail Umasugi di SMA Sanana. "Pak Zulfahri punya ijazah sementara diverifikasi. Kalau pak Ismail itu di Sanana karena hanya ijazah SMA yang dimasukan saat pendaftaran," tandasnya.
 
Sekedar diketahui, verifikasi ijazah balon kada berakhir Sabtu besok dan hasilnya akan diplenokan pada Senin 14 September 2020 pekan depan. (cr-01)
 
 
 
 
-
Peliput : Gunawan Tidore
Editor   : Ikram