3 Penumpang Dorolonda Reaktif Karantina di Hotel Sahid & Vellya

BERI KETERANGAN: Jubir Gugus Tugas Covid-19 Ternate Anas Conoras (kanan) saat konferensi pers. (ISTIMEWA)

Ternate, malutpost.id – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ternate merinci data penumpang KM Dorolonda yang berlabuh di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Kamis (16/4). Dalam konferensi pers di media center Gugus Tugas, Juru Bicara Gugus Tugas Anas Conoras mengungkapkan jumlah penumpang yang turun di Ahmad Yani sebanyak 259 orang. “Asal Jakarta 70 orang, Surabaya 3 orang, Ambon 135 dan Namlea 26, kemudian Makasar 4 orang, Bau-Bau 20," ungkap Anas.

 

Oleh Gugus Tugas, seluruh penumpang dan anak buah kapal (ABK) Dorolonda lantas di-rapid test. Tiga orang penumpang dan 19 ABK dinyatakan reaktif. “Tiga yang teridentifikasi reaktif satu asal Gebe (Halmahera Tengah) digeser ke Hotel Sahid Bela, kemudian dua lainnya itu warga Ternate, di Vellya. Yg ABK karantina di Hotel Sahid juga,” tutur Anas yang juga Kepala Dinas Komunikasi, Informatikan dan Persandian tersebut.

 

Juru Bicara Medis Gugus Tugas Ternate dr. Muhammad Sagaf yang mendampingi Anas memastikan kedatangan penumpang tadi bukanlah jamaah tablig. "Terakhir yang tiba dengan kapal bukan jamaah tablig, tapi penumpang umum yang memang kebetulan ada urusan ke luar kota," ungkapnya.

 

Menurut Muhammad, warga yang di-rapid test cukup banyak namun ia mengakui tidak semua penumpang dites. Warga Kota Ternate lah yang diutamakan. “Yang datang dari luar itu didata kemudian dipantau suhu dan data sudah masuk jadi nanti diserahkan masing-masing wilayah untuk dipantau karena memang tidak ada gejala," tandasnya.

 

Per Kamis, jumlah OTG di Ternate sebanyak 81 orang, dimana yang telah selesai pemantauan 38 orang, dan dalam pemantauan 43 orang. Orang Dalam Pemantauan (ODP) kumulatif 74 orang, dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 9 orang dimana yang tersisa dalam pemantauan 6 orang.(mg-05)