Polres Ternate Pantau Ketersediaan Alkes dan Pangan

AKP Riki Arinanda

Ternate, malutpost.id - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Ternate terus melakukan pengecekan ketersediaan alat kesehatan (alkes) dan pangan. Hal itu dilakukan untuk menjamin ketersediaan selama Ramadan dan situasi wabah corona. “Ini bentuk tindak lanjut dari instruksi Direktur Ditreskrimsus Polda. Jadi tiap hari kami monitor dan sampaikan laporan ke pimpinan,” kata Kasat Reskrim Polres Ternate AKP Riki Arinanda saat dikonfirmasi di kantor Polda Malut, Kamis (23/4).

 

Riki menuturkan, dengan dilakukan pengecekan setiap hari dapat mempermudah antisipasi terjadinya kelangkaan ketersediaan alkes dan pangan. “Jangan sampai terjadi kelangkaan baru kita cari siapa pelakunya. Tapi kalau dicek setiap hari maka kita bisa tahu jumlahnya, kurangnya apa dan bagaimana antisipasinya,” tutur Riki.

 

Pengecekan terhadap ketersediaan alkes seperti masker, hand sanitizer dan alat pelindung diri (APD) itu dilakukan di seluruh apotek yang ada di Kota Ternate yakni apotek swasta dan apotek BUMN seperti Kimia Farma. “Kalau APD disini masih diperuntukkan bagi perawat atau penjualnya,” tukas Riki.

 

Dari hasil pemantauan dan pengecekan di lapangan, kata Riki, belum ditemukan adanya oknum yang mencoba melakukan penimbunan baik terhadap alkes maupun pangan. Kekurangan jenis pangan itu terjadi hanya karena masalah pendistribusian dan bukan masalah penimbunan. “Saya mengajak kepada semua pihak, sekarang kita semua sedang melawan wabah Covid-19, untuk itu kita semua harus bisa berbuat demi kepentingan negara. Untuk alkes itu harus bisa mempermudah masyarakat saat membutuhkan,” pungkas Riki.(aby)