Ziarah Ramai di Tengah Pandemi Corona

ZIARAH: Peziarah tetap menziarahi makam kerabat jelang Ramadan. (PUTRI CITRA ABIDIN/MALUTPOST.ID)

Ternate, malutpost.id - Pandemi Covid-19 ternyata tidak mempengaruhi tradisi masyarakat melakukan ziarah kubur sehari sebelum Ramadan. Amatan malutpost.id di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Islam di Kelurahan Santiong, Ternate Tengah, peziarah memadati areal pemakaman hingga akses masuk dan keluar pun macet. "Kalau saya memang bukan hanya saat menyambut bulan puasa tapi memang setiap malam Jumat ziarah terus. Kebetulan ini juga bertepatan malam Jumat," ungkap Sukri, salah satu peziarah, Kamis (23/4). 

 

Datang bersama sang istri dan anak, Sukri mengakui suasana ramai di kuburan menjadi hal biasa. "Ya karena memang tradisi masyarakat kita juga yang ziarah menyambut Ramadan kan," katanya. 

 

Sebagaian besar peziarah mengenakan masker, meski ada juga yang tidak memakainya. Sukri salah satu yang tak pakai masker. "Saya saat ini memang tidak pakai masker, tapi tadi pakai. Cuma sudah lepas di rumah pas kesini buru-buru makanya tidak pakai lagi," akunya sembari mengungkapkan dirinya tahu soal penambahan kasus positif Covid-19 di Maluku Utara yang kini mencapai 12 kasus.(mg-05)