Gencar Sosialisasi Demi Kesadaran Ber-PHBS

SOSIALISASI: Kapolsek Ternate Selatan, Kepala Puskesmas Kalumata dan Lurah Bastiong Talangame gencar menyosialisasikan PHBS. (PUTRI CITRA A/MALUTPOST.ID)

Ternate, malutpost.id - Guna meningkatkan kesadaran masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), Puskesmas Kalumata, Polsek Ternate Selatan dan Lurah Bastiong Talangame menggelar sosialisasi terhadap warga. Sosialisasi dipusatkan di sejumlah titik di Kecamatan Ternate Selatan, Jumat (24/4).

 

Sosialisasi itu dilakukan dengan cara keliling menggunakan pengeras suara. Pasar dan pelabuhan jadi target sosialisasi lantaran banyaknya orang yang bertemu di situ. "Kita imbau agar masyarakat tidak panik dan tetap waspada dengan tetap menerapkan perilaku pola hidup sehat," ungkap Kapolsek Ternate Selatan Iptu Supriyadi.

 

Ditemui di sela-sela sosialisasi, Supriyadi mengungkapkan rasa sesal terhadap imbauan physical distancing yang belum sepenuhnya dipatuhi masyarakat. "Ternyata masyarakat kita masih biasa-biasa saja, masih saling rangkul, pegangan tangan, padahal sudah kita imbau siang dan malam. Begitu pun di pasar tadi masih banyak yang belum pakai masker," sebutnya. 

 

Pihak Puskesmas Kalumata juga mengimbau warga apabila merasa demam, batuk dan pilek agar segera memeriksakan diri ke puskesmas. "Sejumlah poin menjadi imbauan kami kepada masyarakat mulai dari rajin cuci tangan dengan sabun di air mengalir, pakai masker yang sama maksimal 4 jam sehari kalau lebih sebaiknya dicuci atau diganti yang baru, uang kembalian dari luar itu sebaiknya pas pulang dijemur dulu, lalu terakhir itu sebaiknya jangan merokok karena perokok ini rentan," terang Kepala Puskesmas Kalumata Hj. Atia Ishak. 

 

Lebih lanjut Hj. Atia berharap kerjasama ini mampu memberikan kesadaran kepada masyarakat kaitannya dengan bahaya Covid-19. "Sadar akan bahaya dengan mengikuti anjuran dan imbauan pemerintah melalui satgas kelurahan, seperti sekarang ini kita bersama Ibu Lurah Bastiong Talangame," harapnya. 

 

Sementara, Lurah Bastiong Talangame yang juga satgas setempat, Masdiyana F. Safar menyampaikan, pihaknya mengajak baik pembeli maupun penjual di Pasar Bastiong untuk selalu pakai masker. "Untuk realisasi penerapan ini kita butuh kerjasama UPTD pasar setempat dan Satpol PP agar menertibkan dan bersama kita memberikan pemahaman serta edukasi kepada masyarakat," pungkasnya.(mg-05)