Siapkan Rp 18,7 Miliar, THR PNS Pemkot Ternate Baru Cair 10 Hari Setelah Lebaran

M. Taufik Djauhar

 

Ternate, malutpost.id - Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru akan dibayarkan 10 hari lebaran lebaran Idul Fitri.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2020 tentang pemberian THR tahun 2020 kepada PNS, Prajurit TNI, anggota Polri, Pegawai Non-pegawai  Negeri Sipil dan penerima pensiun atau tunjangan serta Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Tentang THR.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Ternate, M. Taufik Jauhar menjelaskan, dalam dalam pasal 15 ayat (1) PP tersebut, pencairan THR bagi PNS baik di pusat maupun daerah  dilakukan paling cepat 10 hari setelah lebaran. ”Sudah ada aturannya tentang pembayaran THR untuk PNS,”kata Taufik. Rabu (13/5).

Soal anggaran kata Taufik, Pemkot  Ternate telah mengalokasikan Rp 18,7 miliar melalui APBD tahun ini. "Kalau memang anggaran sudah tersedia kita realisasi dengan dasar hukumnya yaitu PP dan PMK, tapi untuk uangnya ada atau tidak ada itu masalah lain," jelasnya.

Dalam regulasi itu lanjutnya, untuk penerima eselon I dan II  serta anggota DPR tidak dapat THR sesuai dengan PP dan PMK. "Sementara Pegawai Tidak Tetap (PTT) atau objektif lainnya tetap akan diberikan sekitar Rp 500 ribu atau Rp 600 ribu, tidak ada perubahan kenaikan atau dikurangkan," pungkasnya. (mg-05) 

-

Peliput : Putri Citra Abidin

Editor  : Ikram Salim