Besok, PT Taspen Bayar THR Pensiun PNS

Achmad Bangkito

Ternate,malutpost.id - Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) mulai dibayarkan besok, Jumat (15/5) besok.

Pimpinan cabang PT Taspen (Persero) Ternate, Achmad Bangkito menyampaikan, penyaluran THR tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2020, tentang Pemberian THR 2020 kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pegawai Non-PNS dan Penerima Pensiun kemudian Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 49/PMK.05/2020 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Tahun 2020 Kepada PNS, TNI, Anggota Polri, Pegawai Non-PNS dan penerima pensiun atau penerima tunjangan yang bersumber dari APBN.

"Dalam aturan dikatakan pembayaran THR 2020 yaitu THR diberikan sebesar penghasilan bulan Maret 2020, dan tidak dikenakan potongan iuran dan/atau potongan lain kecuali potongan pajak penghasilan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan ditanggung Pemerintah," jelas Achmad Bangkito kepada malutpost.id, Kamis (14/5).

Dia menambahkan bagi Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan yang menerima lebih dari satu penghasilan yang sama-sama bersumber dari APBD, maka THR hanya diberikan dari salah satu yang jumlahnya lebih besar. Dikecualikan dari ketentuan pada angka 2, dalam hal penerima pensiun dan penerima tunjangan sekaligus sebagai penerima pensiun janda/duda atau penerima tunjangan janda/duda maka diberikan kedua-duanya THR Tahun 2020. "Contohnya penerima pensiun sendiri dan sebagai penerima pensiun janda atau duda,"ujar Achmad.

Selanjutnya, Achmad memastikan diberikan kepada Pejabat Negara yang masih aktif, bilamana Pejabat Negara dimaksud juga sebagai Penerima Pensiun (Pensiun Sendiri/Pensiun janda/duda) maka berhak menerima THR pada pensiunnya. "Untuk itu agar para pensiunan untuk berhati-hati terhadap penipuan yang mengatas namakan TASPEN,"pungkasnya. (mg-05)

 

Peliput  : Putri Citra Abidin

Editor   : Ikram Salim