Sempat Tertekan, Warga Muhajirin Beri Dukungan untuk Anak Pasien Corona yang Meninggal

Lurah Muhajirin, Faisal Karim

Ternate, malutpost.id - Sempat tertekan setelah orang tuanya meninggal karena terpapar Covid-19, dua anak Almarhum AH, warga Kelurahan Muhajirin, Ternate Tengah kini mendapat dukungan dari warga setempat.   
 
Salah satu anak putri almarhum kepada malutpost.id menepis kabar dikucilkan warga pasca ibunya meninggal dengan status sebagai pasien Covid-19. 
"Warga dan tetangga sekitar tidak mengucilkan malah mereka bantu dengan berikan makanan," akuhnya. 
 
Diakuinya, perasaan dikucilkan tersebut datang dari media sosial facebook. Pasalnya, tidak sedikit pengguna medsos yang mencari tahu alamat hingga anak-anak pasien."Di medsos saja, kayak mereka cari tahu informasi, siapa anak-anaknya, identitas kami," katanya.
 
Selain bantuan dari warga, mereka juga mendapat bantuan dari gugus tugas percepatan penaganan Covid-19 Kota Ternate. "Ada bantuan tadi siang dari gugus tugas berupa telur minyak kelapa mie, susu dan ikan kaleng," tuturnya. 
 
Mereka mengaku hingga kini belum dilakukan rapid test. Rencananya, tim medis akan mengambil sampel darah keduanya kemarin namun batal dilakukan. "Rencananya mau datang tadi siang, tapi belum sempat," katanya.
 
Dia mengaku, almarhumah juga memiliki penyakit bawaan seperti asma, paru-paru, mag dan ginjal. "Ada riwayat penyakit lain kalau ginjal memang baru tahun lalu sedangkan lainnya itu memang sudah lama," tambahanya. 
 
Terpisah, Lurah Muhajirin, Faisal Karim menegaskan tidak ada stigmatisasi maupun sikap dikucilkan dari warganya kepada keluarga korban. "Tidak ada, justru ada warga yang berinisiatif mau bantu kebutuhan misalnya makanan," ujarnya. 
 
Namun, Faisal tak menapik soal tindakan warga yang shock. "Cuman masyarakat kaget dengan kejadian ini jadi masyarakat memang ada ikhtiar untuk tidak kaluar rumah, kalo pun keluar yang penting saja begitu pun untuk keluarga korban kita minta sementara waktu untuk tidak beraktifitas di luar," sambungnya sembari mengaku rutin melakukan penyemprotan disinfektan. (mg-05)
 
-
Peliput : Putri Citra Abidin
Editor   : Ikram Salim