Punya 4 Pasien Positif COVID-19, Ini Alasan Lurah Salahudin Tetap Ijinkan Shalat Id di Masjid

Ilustasi Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah. (ANTARA FOTO/MOCH ASIM)

Ternate, malutpost.id - Kelurahan Salahudin, Kecamatan Ternate Tengah, tetap melaksanakan shalat Idul Fitri 1441 secara berjamaah di masjid. Meskipun ditengah kondisi kelurahan dengan pasien positif COVID-19 4 orang. 
 
Lurah Kelurahan Salahudin, Muhammad Sarbin membolehkan warganya melaksanakan shalat Id berjamaah di masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19.
 
"Kita tetap jalankan shalat Id seperti biasa, dengan imam dan hakim sara disini," ungkapnya kepada malutpost.id, Kamis (21/5).
 
Dia menjelaskan, Kelurahan Salahudin memiliki 3 masjid yang digunakan untuk shalat berjamaah. Dimana semua masjid wajib menerapkan physical distancing, menggunakan masker dan selalu cuci tangan.
 
"Kami dari gugus tugas kelurahan imbau kepada masyarakat harus jaga jarak, jangan begadang, di depan rumah harus ada tempat cuci tangan, di pangkalan ojek juga, jangan melawan dan jangan dulu berkumpul," imbaunya. 
 
Disisi lain, lanjut Sarbin, gustu kelurahan juga kerap melakukan razia masker. "Hampir tiap malam kita razia masker, bagi di lorong-lorong, tempat berkumpul masyarakat agar yang tidak pakai masker harus pakai," tandasnya.
 
Terpisah, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Ternate, Usman Muhammad mengatakan, MUI pusat telah mengeluarkan fatwa menghimbau masyarakat yang berada di zona merah tidak melaksanakan shalat Id berjamaah. 
 
"Jika suatu daerah yang sudah tidak terkendali masalah penyebaran virus corona, maka diharapkan agar melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah masing-masing dengan keluarga, baik secara berjamaah maupun sendiri-sendiri," ungkapnya. 
 
Menurut Usman, langkah ini diambil dalam rangka menghindari bahaya penularan yang lebih besar.
 
"Insya Allah kita akan sosialisasikan dan kita juga sudah mengirim fatwa dari MUI pusat kepada sekretaris tim gugus tugas," pungkasnya. (mg-05)
 
 
-
Peliput : Putri Citra Abidin
Editor   : Ikram Salim