Tahu Aturan Pemerintah Tapi tak Pakai Masker, Ini Sanksinya

M. Arif Gani

Ternate, malutpost.id - Pemerintah Kota Ternate menyiapkan sanksi bagi warganya yang tidak menggunakan masker saat diluar rumah. Sanksi itu tertuang dalam Peraturan Wali Kota (Perwali). 
 
Kepala Bidang Operasi Tim Gugus Tugas Kota Ternate, M. Arif Gani mengakui pihaknya telah melakukan sosialisasi terkait regulasi tersebut. "Sudah final dan tadi kita sudah sosialisasi hari pertama,"akunya kepada malutpost.id, Kamis (21/5). 
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate itu menjelaskan, tahapan pertama akan difokuskan untuk pengendara motor. Pengendara yang tidak menggunakan masker langsung dicegat. Selanjutnya pada hari ketiga baru diberikan teguran keras. 
 
"Uji coba untuk pengendara yang melintasi di depan kantor Camat Ternate Utara, depan loket PDAM, depan benteng Toloko, kemudian belakang benteng, dan eks kantor walikota, depan hotel Sahid, hingga di depan Waterboom," jelasnya. 
 
Dia bilang, kesadaran bermasker terutama warga di Ternate Selatan masih rendah. "Kalau di Utara sudah mulai ada kesadaran," ungkapnya.
 
Terpisah, Kepala Bagian Hukum Setda Kota Ternate, M Asyikin saat dikonfirmasi via telpon mengaku, belum ada nomor surat keputusan  Perwali wajib masker. "Sementara ini masih proses pengundangan karena sekretaris daerah belum tanda tangan jadi insyallah besok baru kita beri nomor,"pungkasnya. (mg-05)
 
 
-
Peliput : Putri Citra Abidin
Editor   : Ikram Salim