Keluarga Pasien OTG Mengamuk, Minta Anaknya Dipulangkan

Keluarga pasien saat mengamuk di depan Hotel Veliya. (FOTO: Tangkapan layar)

Ternate, malutpost.id - Sebuah video memperlihatkan beberapa orang mengamuk di depan Hotel Vellya Ternate, tempat karantina pasien Covid-19, Senin (8/6). 
 
Dalam video live Facebook oleh akun Mentari Hi. Abas itu salah satu keluarga pasien orang tanpa gejala (OTG) meminta agar anaknya yang dipulangkan ke rumah untuk menjalani karantina mandiri di rumah. 
 
Mereka mengamuk lantaran sudah 41 hari sejak di karantina pasien maupun keluarga belum menerima hasil pemeriksaan swab dari Gustu Covid-19 Kota Ternate. 
 
"Kase pulang saya punya anak, dia dalam keadaan sehat-sehat, jangan mainkan kami, tidak masuk akal dari tanggal 27 Mei ambil sampel tapi sampai sekarang belum ada hasil, baru alasan catridge habis," teriak salah satu keluarga pasien berinisial R. 
 
Dia bilang, gustu harusnya memberitahu keadaan pasien serta hasil uji swab. Dikatakannya, gustu tidak becus dalam menangani pasien. "Kenapa hasil tidak kasih tahu, kalian kase habis dana untuk apa? bikin apa kalian kase tinggal mereka di hotel sudah 41 hari betul, kerja tidak betul semua," tuturnya. 
 
Iki, keluarga pasien lainnya mengaku pedoman penanganan pasien OTG bisa menjalani karantina mandiri di rumah. "Kita ini keluarga pasien kita berhak atas hasil lab, tidak pernah diberikan dan hanya surat keterangan. Itu yang kami coba telusuri pedoman penaganan Covid- 19, bahwa OTG itu bisa karantina di rumah, kenapa harus ditampung di hotel semua," tuturnya. 
 
Menurut Iki, sebagai keluarga pihaknya legowo dengan protap Covid-19 namun, keluarga hanya meminta transparansi dari gustu. 
 
"Kita punya anak disini, kita butuh informasi perkembangan terhadap anak kita yang disini, jangan ditutup-tutupi, status kesehatan anak saya itu harus dijawab dengan hasil lab bukan dengan surat keterangan," tandasnya. 
 
Terpisah, Juru Bicara Covid-19, dr. Muhammad Sagaf enggan berkomentar jauh. "Saya kira itu nanti besok ditindaklanjuti oleh kepala pengendalian dan operasional gugus tugas COVID-19 Kota Ternate," pungkasnya. (mg-05)
 
 
 
-
Peliput : Putri Citra Abidin
Editor   : Ikram Salim